Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS menyatakan, dia berharap andai saja dia menarik AS keluar dari JCPOA lebih cepat, karena itu membawa keuntungan untuk Israel.

Hal ini disampaikan Donald Trump saat bertemu dengan para tokoh Yahudi di AS dalam peringatan hari besar Yahudi “Rosh Hashanah”, Kamis (6/9).

“Sejak pertama kali mendengar soal JCPOA, saya sudah menentangnya. Itu adalah sandiwara yang mengerikan. Seharusnya kesepakatan ini tak pernah ditandatangani. Ini adalah pekerjaan Obama. Kongres pun terlibat dalam hal ini, karena semestinya mereka bisa menghalangi kesepakatan tersebut,”ujar Trump.

Dia mengaku berniat untuk membatalkan JCPOA begitu ia masuk Gedung Putih. Namun saat itu, dia memiliki menlu (Rex Tillerson) yang enggan membatalkannya.

Trump mengklaim, tindakan ini (keluarnya AS dari JCPOA) memiliki dampak positif untuk keamanan dunia. Dia berpendapat, Iran tak lagi sama seperti dahulu sejak AS keluar dari kesepakatan nuklir.

“Jika kalian melihat Iran, pandangan mereka tak lagi tertuju ke arah Mediterania. Mereka tak lagi berhasrat menguasai sejumlah kawasan yang diincar mereka sebelum ini. Saya pikir, kini Israel jauh lebih aman daripada tahun-tahun lalu,”sambungnya.

“Saya berpendapat, apa yang saya lakukan merupakan pekerjaan besar bagi Israel. Tindakan saya adalah sumbangsih untuk perdamaian dunia,”pungkasnya. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*