Washington,LiputanIslam.com-Sejak masa kampanye dahulu, Donald Trump kerap bersuara soal pembangunan tembok pembatas dengan perbatasan Meksiko. Kini, dalam statemen terbarunya, Trump mengabarkan kemungkinan penempatan tentara AS di perbatasan.

Melalui tweet yang diunggahnya Kamis (18/10) pagi waktu setempat, Trump mengkritik sikap Demokrat terkait isu imigrasi dan perbatasan selatan AS.

“Akibat dukungan Demokrat terhadap perbatasan terbuka dan UU Imigrasi yang lemah, saya menyaksikan negeri kita diserang oleh Guatemala, Honduras, dan El Salvador. Negara-negara ini tidak berbuat apa-apa untuk menghentikan banjir imigran dari Meksiko ke AS; orang-orang yang di antara mereka juga terdapat penjahat,”cuit Trump.

“Selain menghentikan bantuan uang kepada negara-negara tersebut, yang tampaknya tak bisa mengontrol rakyat mereka, saya meminta Meksiko menghentikan ‘serangan’ ini. Jika tidak sanggup, saya akan mengerahkan tentara AS dan menutup perbatasan selatan kami,”sambungnya.

Menurutnya, banjir imigran melalui perbatasan Meksiko lebih penting dari kesepakatan AS, Meksiko, dan Kanada (USMCA). Dia menuduh Demokrat sebagai pihak yang bersalah atas UU Imigrasi yang disebutnya lemah tersebut, (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*