Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS dalam sebuah wawancara mengancam, jika Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) tidak mengubah sikapnya terhadap Washington, maka AS akan keluar dari organisasi tersebut.

Saat diwawancarai Bloomberg, Donald Trump mengulang kembali kritik-kritiknya terhadap WTO. Dia menggulirkan kemungkinan keluarnya Washington dari Organisasi Perdagangan Dunia.

WTO adalah organisasi internasional yang didirikan pada Januari 1995 dan memiliki 164 anggota di seluruh dunia.

WTO bermarkas di Jenewa, ibukota Swiss. Organisasi ini mengatur undang-undang perdagangan dunia serta memecahkan perselisihan yang timbul antara para anggotanya.

Sejak menjabat presiden AS, Trump berulangkali mengkritik WTO. Dalam sebuah wawancara, dia pernah mengatakan,”Organisasi Perdagangan Dunia didirikan demi memberikan keuntungan bagi semua pihak, kecuali untuk kita (AS). Anda tidak akan percaya bagaimana mereka memerah keuntungan dari negara ini (AS).”

Ini bukan kali pertama Trump mengancam akan keluar dari sebuah organisasi atau kesepakatan internasional. Sebelum ini, Trump telah mengeluarkan AS dari Kesepakatan Paris 2015 terkait pengaturan iklim. Dia mengklaim, kesepakatan ini merugikan dunia usaha dan para pekerja AS.

Yang terbaru adalah keluarnya AS dari kesepakatan nuklir Iran (JCPOA). Trump berdalih, Washington keluar dari JCPOA karena Iran tidak menjalankan butir-butir kesepakatan nuklir. Padahal, IAEA selaku badan tertinggi energi nuklir berkali-kali menegaskan komitmen Iran terhadap kesepakatan tersebut. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*