Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump melayangkan ancaman kepada kelompok Demokrat di kongres AS. Dia menyatakan, jika kongres tidak mengabulkan permohonan anggarannya, dia siap menutup pemerintahannya hingga berbulan-bulan, bahkan bertahuan-tahun.

Hal ini dinyatakan Chuck Schumer (pemimpin Demokrat di Senat AS), usai menghadiri rapat tertutup para pemimpin kongres dengan presiden AS.

Nancy Pelosi (ketua Dewan Perwakilan AS), yang juga menghadiri rapat itu, mengatakan,”Pihak Demokrat tidak berpikir bahwa problem akan selesai selama pemerintahan masih ditutup.”

Trump menuntut anggaran sebesar 5 milyar dolar untuk membuat tembok pemisah di perbatasan AS-Meksiko. Namun Demokrat hanya setuju untuk mengkhususkan anggaran senilai 1,3 milyar saja.

Senat AS pada akhir tahun 2018 telah mengesahkan anggaran jangka pendek untuk mencegah ditutupnya pemerintahan. Namun sebelum disahkan di Dewan Perwakilan, Trump menyatakan tak akan menandatangani anggaran tersebut.

Penolakan Trump menyebabkan anggaran jangka pendek itu tak bisa disahkan pada waktunya, sehingga berujung pada situasi shutdown di pemerintahan AS.

Kondisi yang terjadi menjelang tahun baru ini berdampak pada 800 ribu karyawan pemerintah federal. 420 ribu orang dari mereka harus bekerja tanpa mendapat gaji. Sedangkan 380 ribu lainnya harus melewati cuti paksa karena ketiadaan anggaran.

Kondisi shutdown ini meliputi sejumlah departemen penting AS, seperti departemen luar negeri dan keamanan nasional. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*