Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump pada hari Jumat (22/2) menyatakan, dirinya akan memveto segala bentuk resolusi yang diajukan Partai Demokrat ke Kongres untuk menentang pengumuman keadaan darurat nasional.

“Apakah saya akan memveto proposal ini? 100 persen! Tapi saya rasa, ini tidak akan berujung pada veto. Kita memiliki rakyat cerdas yang menghendaki keamanan di perbatasan. Sebab itu, saya pikir veto tidak akan diperlukan. Namun, (jika Demokrat menentang), saya akan memvetonya,”kata Trump kepada wartawan, seperti dilansir oleh Hill.

Saat ditanya apakah kelompok Republik di Kongres akan mendukungnya terkait pembangunan tembok perbatasan, Trump dengan yakin mengatakan ia akan memperoleh dukungan dari mereka.

Para wakil Demokrat pada Jumat kemarin mengajukan resolusi ke Senat yang dikuasai Republik. Sebelum ini, Demokrat telah menyatakan dukungan kepada resolusi ini. Namun untuk bisa disahkan Senat, resolusi ini juga harus disetujui oleh Republik.

Nancy Pelosi (ketua majelis perwakilan AS) sebelum ini meminta Demokrat dan Republik untuk menyetujui resolusi tersebut guna mengakhiri keadaan darurat yang diumumkan Trump.

“Keputusan Presiden untuk keluar dari batas undang-undang demi meraih sesuatu yang tak bisa dicapainya secara konstitusional, adalah sebuah pelanggaran terhadap UUD dan harus segera dihentikan,”tulis Pelosi dalam suratnya.

Keputusan Trump untuk mengumumkan keadaan darurat nasional mendapat kecaman dari Demokrat, bahkan Republik. Mereka berpendapat, langkah ini berbahaya dan sia-sia, juga merupakan penyalahgunaan kekuasaan. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*