Washington, LiputanIslam.com–Presiden terpilih Donald Trump mengatakan dalam wawancara dengan Washington Post  bahwa seorang presiden yang baik pertama-tama harus menjadi “cheerleader yang baik.” Untuk itu, ia berencana mengadakan parade militer nasional untuk menyemangati rakyat Amerika.

“Presiden yang baik harus melakukan banyak hal, salah satunya adalah menjadi penyemangat baik untuk negara,” kata Trump pada Rabu (18/01/2017). “Dan kami akan memperlihatkan [kekuatan] militer kita [kepada rakyat].”

“Satuan militer akan turun ke Pennsylvania Avenue…,  New York City, dan Washington, D.C. untuk berparade,” tambahnya.

Trump, yang pada November lalu berhasil mengalahkan mantan menlu AS Hillary Clinton dalam memperebutkan kursi kepresidenan, sebelumnya berjanji akan meningkatkan kekuatan militer AS segera setelah hari pelantikannya sebagai presiden pada 20 Januari mendatang.

Trump menyatakan, pemotongan dana pemerintah  untuk militer telah mengakibatkan menurunnya jumlah tentara ke angka yang berbahaya. Dia juga percaya pemerintah perlu berinvestasi untuk membuat lebih banyak kapal dan pesawat.

Berdasarkan informasi dari MilitaryTimes, Trump berencana meningkatkan jumlah tentara aktif hingga sebanyak 60.000, dan juga menambahkan setidaknya 78 kapal untuk Angkatan Laut. Selain itu, terdapat 12.000 pasukan Angkatan Laut dan tank  battalion yang akan ditambahkan, serta setidanya 100 pesawat tempur untuk Angkatan Udara.

Undang-undang dana militer AS yang disahkan pemerintah pada bulan lalu menyebutkan,  Militer harus menjaga jumlah tentaranya di atas 476.000 mulai tahun 2017.  Biaya $619 milyar untuk militer juga telah disahkan oleh Kongres pada Desember lalu.

Berdasarkan laporan dari Heritage Foundation pada November lalu, militer AS telah semakin “melemah” dan pemerintah perlu menambahkan kucuran dana untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL