Tianjin,LiputanIslam.com-Beberapa hari lalu Tiongkok mengadakan pameran dirgantara di kota Tianjin. Yang paling menarik perhatian adalah dua helikopter modern mirip Black Hawk buatan AS dan sebuah purwarupa Super Shark White yang bentuknya mirip piring terbang.

Menurut laporan China Morning Post, Harbin Z-20 adalah helikopter transportasi-militer yang secara bertahap akan menggantikan armada helikopter Rusia KA-28 dan Black Hawk tentara Tiongkok. Helikopter ini telah diuji pertama kali pada 2013 dan sudah digunakan oleh tentara Tiongkok sejak tahun lalu.

Baca: Klaim Menhan AS: Menahan Diri di Hadapan Iran Bukan Pertanda Kami Lemah

Menurut seorang pakar helikopter Tiongkok, Z-20 adalah helikopter multifungsi yang dilengkapi dua mesin turbo dan sistem kontrol elektronik. Z-20 disebut bisa terbang di malam hari dan dalam kondisi cuaca buruk sekalipun.

Helikopter modern ini juga dibekali dengan rudal terpandu antikapal Nanchang. Para pakar berpendapat, rancangan Z-20 ini meningkat dibanding model-model sebelumnya.

Song Zhongping, seorang komentator militer yang tinggal di Hongkong, menyatakan, meski memiliki kemiripan dengan Black Hawk, namun Z-20 memiliki sistem kontrol terbang yang lebih modern. Dengan demikian, helikopter ini tak bisa disebut sebagai tiruan produk AS tersebut.

Sementara itu, model Super Shark White diklaim memiliki kecepatan 650 km per jam. Helikopter militer ini memiliki dua kabin dengan sistem pengacau radar, serta sanggup terbang hingga ketinggian 6 ribu meter. Pabrik pembuatnya mengklaim, tak ada negara lain di dunia yang berhasil membuat helikopter semacam ini. Hingga kini detail-detail Super Shark White belum diungkap ke media. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*