Berlin,LiputanIslam.com—Meninggalnya seorang pengendara sepeda telah menyulut kemarahan warga di Jerman. Pasalnya, seorang pengemudi asal Saudi yang bertanggung jawab atas meninggalnya pengendara sepeda tersebut dinyatakan tidak bisa diadili karena ia merupakan seorang diplomat.

Polisi mengatakan pada Jum’at (16/6), bahwa seorang pengemudi asal Saudi yang tidak disebutkan namanya itu telah meluncurkan kendaraannya ke jalur para pengendara sepeda di Kota Neukölln, Berlin, tanpa memeriksa terlebih dahulu kondisi lalu lintas yang ada.

Hasilnya, seorang pengendara sepeda berusia 55 tahun bernama Michael E pun meninggal dunia di tengah perjalanan menuju rumah sakit dan dalam kondisi luka parah.

Polisi mengatakan bahwa, normalnya, pengemudi berusia 51 tahun itu akan menghadapi penyelidikan dan kemungkinan akan dituntut karena kelalaiannya yang menyebabkan nyawa orang lain melayang.

Namun, jaksa mengatakan bahwa tidak ada pilihan lain selain menutup kasus ini. Sebab, pengemudi asal Saudi tersebut memiliki kekebalan hukum.

Mendengar respon tersebut, sekitar 250 pesepeda berkumpul di lokasi kejadian pada Kamis malam untuk menuntut pengemudi agar segera diadiliki.

“Saya tidak peduli apakah ia seorang diplomat atau bukan,” ucap janda Michael E, Marina, kepada surat kabar Bild. “Dia harus mendapatkan hukuman yang adil.” Ia mengatakan bahwa suaminya telah bersepeda di tempat ia meninggal dunia itu selama 25 tahun.

Kementerian luar negeri Jerman telah mengirim sebuah catatan verbal ke kedutaan besar Saudi terkait dengan insiden tersebut. Di bawah payung perjanjian diplomatik, pihak berwenang Jerman bisa saja meminta Arab Saudi untuk mencabut aturan bebas hukum bagi para diplomat.

Namun, para diplomat itu juga mengatakan bahwa kemungkinan besar orang-orang Saudi akan diizinkan untuk menarik mereka secara diam-diam dari negara tersebut. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL