Iran-saudiNewYork, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Islam Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan pertemuannya dengan sejawatnya dari Arab Saudi, Saud al-Faisal, di New York, AS, Ahad kemarin (21/9) telah membuka babak baru hubungan Teheran-Riyadh dalam upaya penegakan keamanan dan perdamaian regional dan global serta untuk kepentingan umat Islam.

“Saya dan Menlu Arab Saudi sama-sama berpandangan bahwa pertemuan ini akan membuka babak baru dalam hubungan bilateral kedua negara,” ujar Zarif usai mengadakan pertemuan selama satu jam dengan al-Faisal, sebagaimana dilansir IRNA Ahad kemarin.

Dia menambahkan, “Kami semua berharap babak baru ini membuah hasil yang bermanfaat bagi upaya penegaskan perdamaian dan keamanan regional dan global serta menjaga kepentingan bangsa-bangsa Muslim di dunia.”

Di pihak lain, Saud al-Faisal usai pertemuan yang sama mengatakan, “Kami menyadari krusialitas dan sensitivitas krisis yang ada, namun masih ada kesempatan untuk menanggulanginya. Kami meyakini bahwa dengan menggunakan kesempatan ini dan menghindari kesalahan-kesalahan di masa lalu kami akan berhasil mengatasi krisis yang sangat krusial ini.”

Menlu Saudi juga menegaskan bahwa Arab Saudi dan Iran merupakan dua negara yang sangat berpengaruh di Timur Tengah sehingga tak dapat dipungkiri bahwa kerjasama antara keduanya akan sangat besar pula pengaruhnya dalam upaya penegakan keamanan regional dan global. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL