Munich, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan kepada televisi NBC yang berbasis di Amerika Serikat (AS) bahwa segala upaya untuk melancarkan aksi militer terhadap Iran tak ubahnya dengan bunuh diri.

“Kelompok yang sama yang dulu berada di balik invasi terhadap Irak sedang mencoba menyulut perang terhadap Iran. Tindakan ini sama dengan bunuh diri, ” katanya dalam wawancara di sela-sela Konferensi Keamanan Munich, Jerman, Jumat (15/2/2019).

Zarif mengingatkan bahwa negaranya berbeda dengan negara-negara lain.

“AS biasanya berurusan dengan negara-negara yang kemampuannya bergantung pada luar negeri, sedangkan  kami mengandalkan bangsa kami yang merupakan sumber legitimasi dan kekuatan bagi kami,” ujarnya.

Ditanya mengapa Presiden AS Donald Trump menyatakan keinginannya untuk bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dan membahas lagi perjanjian nuklir Iran, Zarif menyoal, “Mengapa kita harus menegosiasikan lagi suatu perjanjian yang merupakan hasil dari 13 tahun negosiasi, mengingat bahwa kami sudah bernegosiasi bahkan termasuk dengan AS?”

Dia juga mempertanyakan kredibilitas Trump dengan mengatakan, “Mengapa kita harus memercayai Presiden AS Donald Trump, dan apakah dia akan mematuhi tanda tangannya?” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*