Teheran, LiputanIslam.com –   Menlu Iran Mohammad Javad Zarif menegaskan Teheran sama sekali tidak mungkin akan mengulangi perundingan mengenai program nuklir Iran, dan negara ini akan terus bertahan tanpa mengenal rasa takut di depan ancaman apapun.

“Kami bersiteguh pada sikap kami dan bahwa kami tidak akan pernah mengulangi perundingan nuklir. Kami konsisten pada keputusan ini, dan apa yang diperdebatkan dewasa ini adalah perundingan pertama itu sendiri, dan tidak akan ada perudingan baru,” ungkap Zahra Saidi, anggota parlemen Iran, menirukan pernyataan Mohammad Javad Zarif dalam rapat parlemen, Rabu (11/10/2017).

Mengenai adanya ancaman Amerika Serikat (AS) terhadap Iran, Zahra juga menyebutkan pernyataan Zarif bahwa Iran memiliki persiapan dan kemampuan yang cukup untuk bertahan di depan segala bentuk ancaman.

“Kami bukanlah bangsa yang takut terhadap embargo, meskipun AS tidak melaksanakan kewajibannya,” kata Zahra.

Anggota parlemen Iran lainnya, Hossein Ali Haji Delikani, juga mengutip pernyataan Zarif bahwa berbagai persiapan telah dilakukan untuk mengantisipasi tindakan AS jika negara arogan ini keluar dari perjanjian nuklir Iran.

“Berbagai peralatan telah dipersiapkan di Iran untuk menghadapi berbagai kemungkinan skenario pemerintah AS,” katanya.

Sementara itu, mengenai ancaman AS untuk mencantumkan Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) dalam daftar organisasi teroris, Presiden Iran Hassan Rouhani di hari yang sama menegaskan bahwa IRGC dicintai bukan hanya oleh rakyat Iran, melainkan juga oleh rakyat Irak, Kurdi, Lebanon, dan Suriah.

Dia juga menuding AS bermaksud melestarikan kelompok teroris hingga puluhan tahun lagi.

“AS silakan marah terhadap IRGC, sebab AS ingin mempertahankan ISIS sampai 20 tahun di kawasan dan menggunakannya sebagai alat untuk menerapkan kebijakannya, tapi IRGC dengan mendukung bangsa Irak, Suriah, dan Lebanon telah menghinakan ISIS,” tegasnya. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL