iran palestinaGazaCity, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif dilaporkan telah menghubungi Ketua Biro Politik Hamas, Khaled Meshal, Selasa (22/7), untuk menegaskan dukungan negara dan bangsanya kepada para pejuang Palestina dalam melawan serangan Israel terhadap Gaza. Dikabarkan pula bahwa Meshal dalam waktu dekat akan melawat Teheran, ibu kota Iran.

Menurut Rai al-Youm, berita kontak telefon tersebut dikemukakan oleh anggota Biro Politik Hamas, Ezzat al-Rishq, melalui jejaring sosial facebook.

“Saudara Khaled Meshal telah menerima telefon dari Menlu Iran Mohammad Javad Zarif sore hari ini (Selasa). Menlu Iran menyampaikan apresiasi dan ucapan selamatnya atas perjuangan Palestina melawan agresor penjajah,” tulis al-Rishq.

Al-Rishq menambahkan bahwa Menlu Iran juga menegaskan “kebersamaan Iran dengan bangsa Palestina serta dukungan Iran kepada keteguhan mereka.”

Rai al-Youm menyebut Republik Islam Iran sebagai mitra kuat Hamas, walaupun hubungan antara keduanya sempat mendingin sejak Suriah yang didukung Iran dilanda krisis pemberontakan.

Laporan lain dari harian al-Anba terbitan Kuwait menyebutkan bahwa Khaled Meshal dalam waktu dekat akan berkunjung ke Teheran untuk membahas krisis Gaza. Menurut koran ini, petinggi Hamas Ramadan Abdullah Shallah berperan besar di balik rencana kunjungan Meshal ke Iran dalam rangka memperkuat front pejuang Palestina melawan Rezim Zionis Israel tersebut.

Berbagai laporan lain juga menyebutkan adanya kesepakatan Hizbullah Lebanon dengan faksi Hamas dan faksi Jihad Islam. Disebutkan bahwa ketiganya akan mengadakan pertemuan untuk memperkuat koordinasi “poros perlawanan” terhadap Israel.

Bersamaan dengan ini, Hizbullah menyerukan kepada semua pihak di Lebanon supaya berpartisipasi dalam pawai dan rapat akbar peringatan Hari al-Quds Internasional yang akan diselenggarakan di Beirut pada hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan dan diisi dengan orasi Sekretaris Jenderal Hizbullah, Sayid Hasan Nasrallah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL