Sanaa, LiputanIslam.com –  Tentara dan komite rakyat Yaman telah meluncurkan satu unit rudal Zilzal-2 ke tempat konsentrasi “pasukan antek Arab Saudi” di bagian timur provinsi Sanaa, Yaman, Jumat (5/5/2017).

“Satuan pasukan rudal angkatan bersenjata dan komite rakyat Yaman, Jumat, telah meluncurkan satu unit rudal Zilzal-2 ke tempat konsentrasi pasukan antek Saudi di sebuah pangkalan milik mereka di kawasan Wadi Malah distrik ke-9 di bagian timur laut provinsi Sanaa,” ungkap sumber militer Yaman kepada TV al-Masirah milik Ansarullah (Houthi).

Dia menambahkan bahwa tentara dan komite rakyat menghadang gerak maju pasukan antek Saudi dan menghujankan tembakan pada kawasan tersebut. Selain itu, mereka juga menggempur tempat konsentrasi “pasukan antek Saudi-Amerika” di kawasan al-Khaniq, provinsi Sanaa.

Tidak ada keterangan mengenai akibat beberapa serangan tersebut.

Sebelumnya dilaporkan bahwa   selama bulan April lalu sebanyak 64 tentara Saudi tewas di tangan para sniper tentara Yaman di berbagai titik perbatasan kedua negara di kawasan Jizan, Najran dan Asir, Arab Saudi.

Menurut laporan PBB, serangan pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi ke Yaman dengan dalih demi membela pemerintahan Yaman yang sah melawan milisi Ansarullah Houthi dan sekutunya, tentara loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh, sejak 26 Maret 2014 sampai sekarang telah menewaskan 7,700 orang dan melukai lebih dari 4000 orang lainnya.

Namun sumber-sumber Yaman sendiri menyebutkan jumlah korban tewas lebih dari 12,000 orang, dan korban luka puluhan ribu orang.

Keinginan Saudi dan sekutunya untuk mengembalikan “pemerintahan yang sah” itu dari kota Aden, Yaman selatan, ke Sanaa, ibu kota negara ini, sampai sekarang masih tidak mengalami tanda-tanda akan terpenuhi, sementara tentara Saudi yang tewas dilaporkan mencapai lebih dari 140 orang.

Beberapa waktu lalu 12 tentara Saudi, empat di antaranya perwira, juga menemui ajalnya setelah helikopter yang mereka naiki jatuh di wilayah Yaman. (mm/almasirah/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL