angkatan laut yamanSanaa, LiputanIslam.com –  Angkatan Laut Yaman, Saba, menepis kabar bahwa empat kapal Iran telah ditahan di perairan Yaman. Demikian dilaporkan kantor berita resmi Yaman, Saba, Kamis (11/6).

Komandan Pangkalan Laut Arkhabil Soqotra Kolonel Ali Salimin Ahmad menegaskan bahwa berita itu palsu, bermotif politik dan sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak pembangkang.

Dia mengakui memang ada kapal Iran yang merampat ke pantai Yaman, namun hanya merupakan kapal nelayan.

“Empat kapal nelayan Iran telah merapat ke pantai Arkhabil Soqotra, namun terjadi karena faktor iklim dan badai sehingga kapal-kapal itu berlindung dan mendapat perlindungan serta jaminan keamanan dari Angkatan Laut Yaman,” terangnya.

Dia menambahkan bahwa kapal-kapal nelayan Iran itu sama sekali tidak melakukan pelanggaran dan semata-mata merupakan kapal untuk penangkapan ikan.

Dia mengimbau media supaya membuat berita lebih akurat dan tidak membuat laporan tak berdasar  hanya demi kepentingan politik kelompok-kelompok tertentu dan bukan untuk kepentingan negara.

Beberapa media Arab dan Yaman pro-Arab Saudi dan pemerintahan pelarian Yaman mengklaim bahwa empat kapal Iran telah ditahan oleh Angkatan Laut Yaman.

Arkhabil Suqutra merupakan kawasan yang meliputi empat pulau kecil milik Yaman di dekat tanduk Afrika yang berjarak 300 mil dari daratan Yaman terdekat. Pada tahun 2013 kepulauan ini terlepas dari provinsi Hadhramaut dan menjadi provinsi sendiri dengan nama Soqotra. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL