Baghdad, LiputanIslam.com –  Tentara Irak menyatakan bahwa wilayah yang diduduki kelompok teroris ISIS di Irak sejak tiga tahun lalu kini telah menyusut dari 40% menjadi kurang dari 7%.

“Daesh (ISIS) menguasai 40% tanah Irak seluas 108,405 kilometer persegi pada tahun 2014, tapi sejak 31 Maret (2017) mereka menduduki hanya 6,8 % teritorial Irak,” ungkap juru bicara Komando Operasi Gabungan Irak Brigjen Yahya Rasool dalam konferensi pers di Baghdad, Selasa (11/4/2017).

ISIS mulai menebar maut dan kehancuran di bagian utara dan barat Irak pada tahun 2014. Tentara dan relawan Irak lantas memerangi ISIS untuk merebut kembali wilayah yang dikuasai ISIS.

Selama sekira dua tahun terakhir ini ISIS lambat laun kehilangan wilayah kekuasaannya, dan kini banyak di antara anggota mereka yang terkepung di Mosul barat.

Operasi pembebasan Mosul mulai Oktober tahun lalu. Pasukan Irak berhasil menguasai Mosul timur pada  Januari lalu kemudian memulai operasi pembebasan Mosul barat pada Februari. (mm/rayalyoum/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL