WHOLondon, LiputanIslam.com – Badan Kesehatan Dunia (WHO) Selasa (6/1/2015) menyatakan di Irak belum ditemukan pasien yang diduga terjangkit virus Ebola.

Pernyataan WHO tersebut dikemukakan setelah pekan lalu berbagai media Irak ramai memberitakan adanya kasus-kasus yang diduga sebagai penyakit Ebola di kota Mosul, provinsi Nainawa yang dikuasai kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Namun menurut WHO, semua berita itu hanya rumor belaka. WHO mengaku pihaknya dan pihak Kementerian

Kesehatan Irak telah melakukan penyelidikan secara komprehensif dalam masalah ini.
“Semua sumber yang telah dihubungi menepis adanya kasus yang diduga sebagai penyakit Ebola,” ungkap WHO dalam sebuah statemennya, sebagaimana dikutip Reuters.

WHO dan Kementerian Kesehatan Irak membenarkan laporan bahwa pusat-pusat laboratorium di Mosul tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk mendeteksi virus Ebola.

Kabar mengenai tersebarnya virus Ebola di Mosul beredar sejak Rabu pekan lalu. Disebutkan bahwa Ebola telah masuk ke Mosul melalui para teroris yang berasal dari negara-negara Afrika.

Seorang pejabat Partai Demokrasi Kurdistan Irak di Mosul mengatakan bahwa ISIS telah membakar lima mayat anggotanya karena ada wabah penyakit.

“Mosul ternyata juga terdera oleh merebaknya wabah penyakit,” katanya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*