wakil PM turki Numan KurtulmusAnkara, LiputanIslam.com –  Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus menyatakan bahwa krisis Suriah telah menimbulkan banyak kepedihan bagi Turki, namun dia optimis bahwa krisis ini akan segera teratasi.

“Selama ini tak ada negara, termasuk Turki sendiri, yang dapat memberikan metode politik yang sehat dalam penyelesaian di Suriah. Saya sudah pernah bicara tentang ini sejak beberapa tahun ini,” katanya  dalam sebuah pertemuan dengan jurnalis dan akademisi Rabu (17/8/2016), sebagaimana dilaporkan surat kabar Hurriyet dan dikutip al-Alam, Jumat (19/8/2016).

Dia melanjutkan, “Alangkah baiknya seandainya sejak awal kita dapat menciptakan iklim yang cocok untuk perdamaian. Insya Allah, dalam waktu dekat ini akan ada solusi yang dapat diterima oleh rakyat Suriah daripada asumsi penyelesaian dari pihak luar. Dewasa ini sedang berlangsung upaya demikian, dan pada tahap ini terasa semakin penting hubungan dengan Rusia.”

Menurut Hurriyet, statemen-statemen Kurtulmus selama ini merupakan otokritik yang paling tajam dari pejabat tinggi Ankara terkait dengan kebijakan Turki terhadap krisis Suriah.

Menjawab pertanyaan mengenai dukungan Rusia kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad, Kurtulmus optimis bahwa Putin sebenarnya tidak mendukung sosok tertentu di Suriah.

“Menanggapi pertanyaan kami, Putin tidaklah mendukung al-Assad. Saya tidak yakin Rusia mengaitkan kebijakannya dengan satu sosok tertentu saja. Saya yakin sudah tiba saatnya untuk menyudahi perang proxy. Kita akan menemukan solusi, insya Allah,” ujarnya.

Hurriyet menyebutkan bahwa pertemuan itu sebenarnya ditujukan bukan untuk membahas krisis Suriah, melainkan semata untuk membicarakan upaya diplomatik yang ditempuh Ankara pasca upaya kudeta gagal yang melanda Turki pada tanggal 16 Juli lalu.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL