Baghdad, LiputanIslam.com –  Syeikh Radhi Al-Tho’i, wakil ulama Syiah terkemuka Irak Grand Ayatullah Sayyid Ali al-Sistani, selamat dari upaya pembunuhan, Kamis (2/8/2018).

Khalil Abdul Ghafur, perwira polisi Irak, kepada kantor berita Turki, Anadolu, menjelaskan bahwa kawanan bersenjata tak dikenal telah melepaskan tembakan senapan otomatis ke rumah Syeikh Radhi al-Tho’i , wakil Ayatullah al-Sistani di provinsi al-Muthanna, Irak selatan.

Kawanan itu menyerang rumah al-Tho’i yang terletak di distrik al-Khidr, 30 kilometer selatan Samawah, ibu kota provinsi al-Muthanna, namun dia selamat, sedangkan satu kemenakan laki-lakinya menderita luka parah. Tidak dijelaskan apakah al-Tho’i berada di rumahnya ketika serangan itu terjadi.

Abdul Ghafur menambahkan bahwa aparat keamanan sedang menyelidiki peristiwa ini dan berusaha memburu pelaku serangan yang belum diketahui motifnya ini.

Grand Ayatullah Sayyid al-Sistani merupakan seorang marji’ (ulama panutan) mayoritas Muslim Syiah Irak. Dia memilki para wakil di berbagai provinsi di Irak tengah dan selatan yang mayoritas penduduknya bermazhab Syiah.

Figural-Sistani dan pandangannya sangat dihormati oleh penduduk Irak sehingga para politisi Irak tak berani secara terbuka menentang pandangan dan petunjuknya.

Belakangan ini dia menyatakan solidaritasnya terhadap gelombang aksi unjuk rasa yang terjadi sejak beberapa pekan lalu di bagian tengah dan selatan Irak. Dalam aksi ini massa menuntut perbaikan layanan dan penyediaan lapangan kerja.

Dia juga menyerukan agar pemerintahan baru segera dibentuk dan dapat memberantas korupsi serta memenuhi tuntutan para demonstran. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*