Baghdad, LiputanIslam.com –   Wakil pemimpin kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Abdulrahman al-Tamimi al-Utaibi al-Jazrawi dikabarkan tewas terkena serangan udara.

TV al-Mayadeen yang berbasis di Lebanon, Kamis (22/2/2018), mengutip keterangan sumber intelijen Irak bahwa al-Jazrawi terbunuh oleh serangan Angkatan Udara Irak, tapi tidak disebutkan di mana dan kapan dia terbunuh.

Kantor berita Irak, NINA, mengutip pernyataan pakar organisasi teroris, Hisham al-Hashimi, bahwa al-Jazrawi terbunuh dalam operasi gabungan badan intelijen Irak dan pasukan koalisi internasional. Dia terkena serangan udara di kawasan al-Hajn di timur Suriah pada tanggal 20 Januari lalu.

Menurut al-Hashimi, serangan itu merupakan yang keempat kalinya dilakukan oleh intelijen Irak dalam jangka waktu kurang dari enam bulan, dan seorang wakil al-Baghdadi setelah Abu Ali al-Anbari, yaitu Iyad al-Obeidi alias Abu Salih Haifa, dipastikan tewas. Setelah itu tewas pula Iyad al-Jumaili alias Abu Yahya al-Iraqi, wakil al-Baghdadi setelah Abu Salih Haifa.

Dia menambahkan bahwa dalam serangan ketiga Badan Intelijen Irak berhasil meringkus Ismail Alwan al-Ithawi alias Abu Zaid al-Iraqi, ketua dewan mandat ISIS .

“Kali ini adalah serangan yang keempat dengan sasaran salah satu pilar sayap Arab Irak yang bersaing atas kekhalifahan dan kepemimpinan ISIS,” pungkasnya. (mm/mayadeen/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*