Riyadh, LiputanIslam.com –  Bocoran dokumen dari Kemendagri Arab Saudi berupa rekaman video dan foto kartu identitas telah menggemparkan publik Saudi karena menyingkap adanya sejumlah oknum laki-laki dan perempuan yang ditangkap oleh pihak berwenang karena terlibat konsumsi narkoba, pelacuran, dan miras.

Para pemerhati menyebutkan bahwa bocoran ini menyingkap sejumlah skandal. Pertama, kebocoran dokumen itu sendiri dari Kemendagri Saudi, karena tergolong fatal dan memalukan. Kedua, otoritas Saudi bungkam mengenai para oknum itu di depan publik karena kuatir berkembang liar tuduhan korupsi terhadap Kemendagri dan para penguasa secara umum. Ketiga, kasus ini mengandung kejahatan berlapis, apalagi dalam terlihat wanita-wanita muda suku adat , sehingga akan membangkit kemarahan publik karena melibatkan aparat yang seharusnya konsisten menegakkan hukum.

Pihak atau kelompok yang membocorkan video juga menunjukkan beberapa foto kartu identitas dan dokumen yang membuktikan perbuatan itu di Kemendagri.

Skandal ini diperkirakan pengamat akan mengguncang Kerajaan Saudi dan berpotensi menjatuhkan Mendagri. Ada pula pihak-pihak suku asal para oknum wanita muda itu, yang tak jelas bagaimana sikap mereka terhadap pihak pemerintah yang telah merekam para wanita itu dengan kondisi sedemikian rupa kemudian tidak dapat mengamankan dan menjaga kerahasiaannya. (mm/arabyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*