Damaskus, LiputanIslam.com –  Kamera media perang al-I’lam al-Harbi merekam gempuran hebat dan pergerakan maju Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya dalam operasi penumpasan kelompok teroris ISIS bersandi “Walfajr 3” menuju “Stasiun 2” (T2) di bagian selatan provinsi Deir Ezzor untuk menguasainya.

SAA berhasil menguasai T2 secara serangan militer, Senin (23/10/2017), setelah mereka berhasil mengepungnya dan memutus jalur logistik ISIS.

Videonya dapat disaksikan di sini:

T2 berjarak sekira 30 kilometer dari garis perbatasan Suriah-Irak, dan merupakan salah satu kawasan utama pertahanan ISIS untuk menghadang gerak maju SAA di Deir Ezzor selatan.

Al-I’lam al-Harbi menyebutkan bahwa T 2 sangat strategis karena merupakan stasiun penyaluran minyak ringan dari hulu ke muara. T2 berjarak 70 kilometer dari kota kuno Palmyra (Tadmur) dan 70 kilometer pula dari kota Abu Kamal. Dari T2 menuju Abu Kamal terdapat sejumlah sumur minyak.

T2 dipandang strategis oleh ISIS karena kondisi geofrafisnya yang mendukung pertahanan ISIS di sana dan kekuasaanya atas bagian timur provinsi Deir Ezzor.

T2 juga merupakan satu-satunya stasiun yang terhubung dengan stasiun T1 di Irak melalui pipa berdiameter 48 inchi yang digunakan untuk menyalurkan minyak ke T3, T4, dan T5 di wilayah Suriah menuju pelabuhan Tartus di kawasan pantai Laut Tengah.

T2 juga terhubung dengan ladang minyak al-Umar di provinsi Deir Ezzor melalui jalur pipa minyak berdiameter 24 inchi. T2 melalui sejumlah jalur terhubung dengan kawasan utara kota Mayadin dari utara dan a-Kharaij dari timur dan tenggara di perbatasan Suriah-Irak. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL