Damaskus, LiputanIslam.com – Beberapa penggalan video amatir telah beredar di media sosial, Jumat (30/11/2018), terkait dengan pencegatan sistem pertahanan udara Suriah terhadap serangan Rezim Zionis Israel ke kawasan selatan Damaskus, ibu kota Suriah.

Salah satu rekaman itu mendokumentasikan detik-detik pencegatan senjata Israel oleh sistem pertahanan udara Suriah, dan di situ terlihat dan terdengar ledakan di angkasa.

Sebelumnya telah tersiar laporan bahwa pada Kamis malam waktu setempat telah terjadi gelombang penembakan Suriah terhadap sasaran-sasaran udara di angkasa Quneitra dan sisi barat laut Damaskus dan Daraa barat.

Seorang petinggi militer Suriah menyebutkan bahwa sistem pertahanan udara negaranya berhasil menjatuhkan sebagian besar obyek dengan presisi tinggi.

Serangan terbaru Israel ke Suriah ini merupakan yang pertama kalinya sejak Rusia membekali Suriah dengan sistem anti rudal S-300 menyusul peristiwa jatuhnya pesawat militer Il-20 milik Suriah akibat salah sasaran oleh sistem pertahanan udara Suriah pada 17 September lalu. Dilaporkan bahwa pesawat Rusia itu terkena tembakan karena jet tempur Israel bersembunyi di baliknya sehingga Rusia menyalahkan Israel.

Sementara itu, Sputnik milik Rusia mengutip pernyataan sumber militer yang menyatakan bahwa pada Kamis lalu tidak terjadi pelanggaran udara Suriah oleh jet tempur Israel, dan bahwa Israel masih tertahan oleh kemampuan perlawanan Suriah sejak jet tempur F-16 Israel tertembak jatuh oleh rudal S-5 Suriah dan tertembaknya satu jet tempur Israel lainnya pada Februari lalu.

Sumber itu menyebutkan bahwa sejak saat itu serangan Israel selalu dilakukan dari luar perbatasan Suriah dengan penembakan rudal dan penerbangan pesawat nirawak, serta membuktikan ketidak mampuan Israel untuk melancarkan lagi pelanggaran udara Suriah. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*