Moskow, LiputanIslam.com –  Kemhan Rusia menyatakan kawanan teroris di Suriah telah menembak jatuh satu unit jet tempur Su-25 milik Angkatan Udara Rusia, kemudian membunuh pilotnya yang sempat berusaha menyelamatkan diri dengan mengaktifkan kursi lontar.

“Pada tanggal 3 Februari 2018, sebuah jet tempur Rusia Su-25 terjatuh saat terbang di atas zona de-eskalasi Idlib, dan pilotnya sempat melaporkan penerjunan di daerah yang dikendalikan oleh militan Jabhat al-Nusra… Dia terbunuh saat bertempur melawan teroris, “Ungkap Kemhan Rusia.

“Menurut informasi awal, jet tersebut ditembak jatuh dengan sistem portabel rudal anti-pesawat,” tambahnya.

Kemhan Rusia juga menjelaskan bahwa Pusat Rusia untuk Rekonsiliasi Suriah bersama pihak Turki, yang bertanggung jawab atas zona de-eskalasi Idlib sedang berupaya untuk mendapatkan jenazah pilot Rusia tersebut.

Video detik-detik peristiwa tersebut dapat disaksikan di sini:

Laporan sebelumnya menyebutkan bahwa pasukan pemerintah Suriah sedang berperang melawan kelompok teroris Jabhat al-Nusra di provinsi Idlib.

Sesuai kesepakatan Rusia, Iran dan Turki selaku segi tiga penjamin zona gencatan senjata, zona de-eskalasi telah diadakan di Suriah pada bulan Mei 2017. Zona itu mencakup provinsi Idlib, beberapa bagian wilayah provinsi Latakia , provinsi Hama dan Aleppo di utara kota Homs, Ghouta Timur, serta Provinsi Daraa dan Quneitra di Suriah selatan.

Militer Rusia menyatakan pihaknya telah menyerang kawasan itu dengan menggunakan senjata berpresisi tinggi hingga menewaskan lebih dari 30 teroris Jabhat Al-Nusra.

Menurut lembaga Observatorium Suriah untuk HAM, jet tempur Rusia dan Suriah melancarkan serangan udara sengit ke kawasan Saraqib, provinsi Idlib, sejak Jumat malam lalu.

Sejak 25 Desember 2017 tentara Suriah yang didukung tentara Rusia menggelar serangan ke bagian tenggara provinsi Idlib hingga berhasil menguasai puluhan desa dan kota kecil serta merebut pangkalan militer Abu Duhur setelah mengusir kawasan teroris  Hayat Tahrir Sham alias Jabhat Al-Nusra.(mm/tass/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL