yaman Ismail Ould Cheikh Ahmed

Utusan Khusus PBB untuk Yaman Ismail Ould Cheikh Ahmed

Paris, LiputanIslam.com –  Utusan Khusus PBB untuk Yaman Ismail Ould Cheikh Ahmed menyerukan supaya hasil penyelidikan yang dilakukan oleh pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terkait dengan tragedi Sanaa segera dipublikasikan dan para pelakunyapun dibawa ke pengadilan.

“Segala sesuatu harus dilakukan agar para pelaku serangan sadis ini dapat dilimpahkan ke pengadilan,” katanya usai pertemuan dengan Menlu Perancis Jean-Marc Ayrault di Paris, Senin (10/10/2016).

Dia menambahkan, “Kita harus segera mendapatkan hasil-hasil penyelidikan yang sedang berlangsung.”

Seperti diketahui, lebih dari 140 orang meninggal dunia, dan sekitar 525 lainnya luka-luka terkena serangan udara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap para pelayat di Sanaa akhir pekan lalu. (Baca: Korban Meninggal Serangan Saudi cs di Sanaa Jadi 140 Orang, PBB dan AS Angkat Bicara)

Pasukan ini semua membantah pihaknya berada di balik serangan brutal ini, tapi kemudian mengumumkan kesediaan untuk melakukan penyelidikan dengan melibatkan “para ahli dari Amerika Serikat.”

“Kami semua sangat prihatian karena serangan ini terjadi ketika sudah ada kemajuan signifikan dalam proses perdamaian,” ujar Cheikh Ahmed sembari menyerukan kepada segenap pihak agar menahan diri.

Ahmed mengaku  Jumat lalu telah bertemu dengan pasukan Ansarullah (Houthi) di Oman dan karena itu dia optimis gencatan senjata di Yaman akan dapat diumumkan pada beberapa mendatang, tapi serangan udara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi sehari setelah pertemuan itu membuat proses tersebut kembali  dipertanyakan.

Sebelumnya, kecaman terhadap kebrutalan Arab Saudi dan sekutunya di Sanaa juga berdatangan dari berbagai pihak di dunia, termasuk Rusia, AS, dan Sekjen PBB. (Baca: Dunia Kutuk Kebrutalan Saudi dan Sekutunya di Yaman )

Perancis yang merupakan sekutu dekat Saudi dan ikut menjual senjata kepada Saudi selama setahun terakhir turut mengutuk serangan udara tersebut dan meminta supaya hasil penyelidikan segera diumumkan.

“Kami mendorong koalisi agar memublikasikan hasil penyelidikan segera setelah mereka menyediakannya,” ujar Ayrault.  (mm/afp/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL