BaitulMaqdis, LiputanIslam.com –  Para pemuka agama Kristen berpartisipasi dalam aksi “Jumat Kemenangan” yang digelar oleh warga Palestina di komplek Masjid al-Aqsa, Jumat sore (28/7/2017). Mereka menegaskan solidaritasnya dengan saudara mereka sesama bangsa Palestina lainnya dalam menghadapi agresi Rezim Zionis Israel.

Kantor bidang media Uskup Agung Kristen Ortodoks Yunani di Baitul Maqdis (Al-Quds/Yerussalem) menyebutkan bahwa Atallah Hanna memimpin delegasi yang terdiri atas para pemuka agama Kristen itu.

Dia semula dicegah masuk di Gerbang al-Asbat oleh pasukan keamanan Israel, tapi kemudian berhasil masuk ke halaman al-Aqsa setelah dia bersikeras masuk dan dibantu oleh para anggotanya serta para staf lembaga wakaf Islam dan kepemudaan al-Quds.

Dalam aksi itu Atallah menegaskan, “Pesan kami hari ini adalah pesan perdamaian, kecintaan, dan persaudaraan dari tempat suci ini. Kami datang untuk menyampaikan ucapan selamat kepada saudara-saudara kami umat Islam atas masuknya mereka ke Masjid al-Aqsa setelah pembongkaran manifestasi-manifestasi pendudukan.”

Dia menambahkan, “Kami di sini menegaskan bahwa kami adalah bangsa yang satu dan membela persoalan yang satu. Umat Kristen dan umat Islam bersama-sama merayakan kemenangan di Masjid al-Aqsa ini. Kita akan tetap bertahan solid al-Quds dengan semua kesuciannya serta menolak seluruh kebijakan pendudukan yang menyasar kesucian-kesucian, lembaga-lembaga, dan anak-anak bangsa kita di kota suci ini.”

Di pihak lain, Mufti al-Quds Syeikh Mohammad Hossein menyatakan apresiasinya atas partisipasi delegasi para pemuka agama Kristen Palestina dalam aksi ini. Dia mengingatkan bahwa di Palestina sejak dulu sudah terjalin hubungan yang baik antara umat Islam dan umat Kristen, dan bahwa kedua umat ini telah sedemikian bersaudara sehingga sama-sama merasakan suka duka hidup di Baitul Maqdis. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL