KuwaitCity, LiputanIslam.com –   Emir Kuwait Syeikh Sabah al-Ahmad al-Jabir al-Sabah, Kamis (19/10/2017), memuji “reaksi telak”  ketua parlemen Kuwait Marzouq al-Ghanem yang menyebabkan delegasi parlemen Israel, Knesset, keluar dari ruang konferensi Persatuan Parlemen Internasional di kota Saint Petersburg, Rusia, Rabu (18/10/2017). Al-Sabah menyebut tindakan al-Ghanem itu “terhormat”.

“Kami telah mengikuti dengan penuh seksama dan apresiatif reaksi telak Anda terhadap ketua delegasi Knesset Israel, tindakan Anda dalam sidang penutupan  konferensi Persatuan Parlemen Internasional di kota Saint Petersburg, Rusia, menyusul terangkatnya tema keberadaan para anggota parlemen Palestina dalam penjara Israel, dan permintaan Anda kepada delegasi Israel agar meninggalkan ruangan,” ungkap al-Sabah dalam suratnya kepada al-Ghanem, seperti dilansir oleh kantor berita resmi negara ini, KUNA, Kamis malam.

Emir Kuwait menambahkan bahwa sikap al-Ghanem tersebut merupakan “perwujudan sikap pemerintah Kuwait yang mendukung saudara-saudara Palestina demi pulihnya hak-hak sah mereka dan teratasinya perkara mereka secara adil.”

Marzouq al-Ghanem dalam konferensi itu tiba-tiba berteriak lantang terhadap  ketua delegasi parlemen Israel, Nachman Shai, dan memintanya keluar dari ruang konferensi setelah Shai menolak laporan berisi kecaman terhadap tindakan Israel menangkapi para anggota parlemen Palestina. Di tengah riuhnya tepuk tangan dia juga tak segan-segan memanggil sejawat Israelnya itu dengan kalimat “wahai penjajah dan pembantai anak kecil.”

“Silakan mengangkat kopermu dan keluar dari ruangan ini setelah Anda menyaksikan reaksi semua parlemen terhormat dunia,” serunya.

Tindakan al-Ghanem mendapat sorakan dari media Kuwait, Kamis. Koran al-Seyassah, misalnya, di halaman pertamanya bahkan memuat berita berjudul “Kuwait Meminpin Intifada Arab Melawan Israel.”

Pada hari itu hashtag #Marzouq_alGhanim di media sosial Twitter juga menjadi trending di seluruh dunia. Para pengguna sosial merespon ledakan al-Ghanem itu dengan ekspresi “bangga” dan dukungan kepadanya. (mm/kuna/ middleeasteye)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL