Teheran, LiputanIslam.com –  Sekjen Dewan Keamanan Nasional Iran Ali Samkhani menyatakan bahwa Arab Saudi melancarkan “perang proxi” melalui internet. Bersamaan dengan ini, berbagai kota Iran kembali diwarnai unjuk rasa, namun kali ini dilancarkan oleh kelompok besar yang mendukung pemerintahan Iran.

“Apa yang terjadi di internet mengenai Iran merupakan perang proxi terhadap bangsa kami. 27 Persen peserta dalam serangan terhadap Iran melalui internet mengikuti pemerintahan Putera Mahkota Saudi Mohammad bin Salman,” ungkap Samkhani dalam wawancara dengan  saluran TV Al-Mayadeen yang berbasis di Lebanon,  Senin (1/1/2018).

“Para anasir eksekutor perang terhadap Iran melalui internet adalah Israel dan Barat, sementara Saudi mendanai dan membuat badan-badan, mempekerjakan para ahli, dan mengerahkan mereka pada proyek politik anti Iran,” lanjutnya.

Dia menegaskan, “Para munafik (kelompok kontra revolusi Islam Iran Organisasi Mujahidin Khalq/MKO) adalah para pion Saudi dalam proyek ini, dan mereka akan mendapat reaksi setimpal dari Iran dengan tanpa mereka sadari. Saudi tak dapat membalas kerugiannya di Yaman dengan mengintervensi Iran dan memprovokasi rakyat Iran yang cerdas.”

Samkhani menjelaskan, “Berbagai hashtag mengenai situasi di Iran berasal dari Amerika, Inggris, Saudi, dan tempat-tempat lain.”

Dia kemudian memastikan bahwa apa yang terjadi di Iran akan terselesaikan dalam hitungan hari.

Senin kemarin berbagai kota di Iran, termasuk Rasht, Zanjan, Ahvaz, dan Takestan kembali diwarnai unjuk rasa, namun dilakukan kelompok besar massa yang mendukung pemerintahan Iran dan mengutuk “para perusuh”. Unjuk rasa ini digelar sebagai aksi tandingan unjuk rasa protes yang telah menimbulkan kerusuhan.

Senin malamjuga sempat terjadi unjuk rasa protes lagi di Teheran, naun dilakukan oleh sekelompok kecil massa.  Dilaporkan bahwa salah seorang di antara kerumunan massa telah melemparkan bom molotov ke sebuah mobil kemudian kabur.

Mengenai unjuk rasa protes secara keseluruhan, Kementerian Intelijen Iran dalam statemennya menyatakan, “Identitas para perusuh sudah diketahui, sebagian di antaranya sudah tertangkap, beberapa lainnya masih dalam pengejaran, dan dalam waktu dekat ini mereka akan ditindak tegas.”

Seperti diketahui, sejak Kamis lalu terjadi aksi protes terkait dengan kondisi ekonomi di beberapa kota dan daerah Iran.  Pemerintah Iran memastikan bahwa aksi ini kemudian ditunggangi oleh pihak-pihak tertentu yang berafiliasi dengan musuh-musuh Iran agar unjuk rasa berubah menjadi gerakan kontra-pemerintahan Iran dan kerusuhan.  (mm/rayalyoum/fna/isna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*