Gaza, LiputanIslam.com –  Empat lagi warga Palestina gugur dan sekitar 645 lainnya menderita luka-luka terkena peluru tajam dan gas air mata dalam aksi “Great March of Return” yang berlangsung di dekat pagar pembatas antara Jalur Gaza dan Israel (Palestina pendudukan 1949), Jumat (20/4/2018).

Departemen Kesehatan Palestina menyatakan bahwa Ahmad Nabil Abu Akil, 25 tahun, gugur diterjang peluru tajam pasukan penembak jitu Israel di bagian kepalanya ketika berada di kawasan Abu Sofiah di timur Jabalia, Jalur Gaza, Jumat pagi.

Sumber-sumber Palestina menyebutkan bahwa korban adalah seorang yang “berkebutuhan khusus” dan tinggal di kamp Jabalia. Dia menghembuskan nafas terakhirnya setelah dipindah dari Rumah Sakit Indonesia ke rumah sakit lain untuk perawatan lebih lanjut.

Beberapa saat kemudian Departemen Kesehatan Palestina mengumumkan bahwa Ahmad Rashad al-Athamineh, 24 tahun, gugur ditembak oleh pasukan Zionis Israel.

Pada Jumat sore, Departemen Kesehatan Palestina mengumumkan jatuhnya dua syuhada lain, yaitu Mohammad Ibrahim Ayyub, 15 tahun, dari Jabalia, dan Saad Abdul Al Abu Thaha di timur Khan Yunis.

Dengan demikian, empat warga Palestina gugur syahid dalam aksi yang dilancarkan setiap hari Jumat sejak peringatan Hari Bumi Palestina pada 30 Maret lalu. Aksi itu sendiri lancarkan untuk menegaskan hak seluruh warga Palestina untuk kembali ke kampung halaman mereka, termasuk di wilayah Israel, dan mengumandangkan tuntutan mereka agar Israel menghentikan blokadenya terhadap Jalur Gaza.

Departemen Kesehatan Palestina juga menyebutkan bahwa sebanyak 645 warga Palestina terluka akibat serangan pasukan Zionis terhadap para pengunjuk rasa.

Dengan gugurnya  empat pemuda Palestina tersebut maka jumlah syuhada Palestina bertambah menjadi 39 orang sejak aksi itu berlangsung.

Dalam aksi di hari Jumat keempat kemarin puluhan ribu warga Palestina sejak pagi berbondong-bondong menuju kamp al-Awdah.(mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*