mesir abbas shoumanKairo, LiputanIslam.com – Under-Secretary Universitas al-Azhar Abbas Shouman menyatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan konferensi internasional anti terorisme, dan dalam rangka ini undangan sudah disebar ke 120 negara dunia.

“Takfir (tuduhan kafir terhadap orang yang tak sependapat), kekerasan, teroris dan ateis, semuanya telah mengancam perdamaian secara umum dan mengintimasi dunia dengan keterjerumusan dalam perang yang berkepanjangan. Bertolak dari peran al-Azhar al-Sharif dalam memerangi faham terorisme dan radikalisme yang membawa misi penghancuran, dan mengingat bahwa lembaga-lembaga negara harus membendung faham-faham ini maka al-Azhar mengundang kepada para alim ulama untuk berunding bersama serta menyanggah dan menangkal faham-faham ini, dan ini juga akan melibatkan para wakil gereja-gereja Timur,” papar Shouman dalam jumpa pers, Ahad (30/11), sebagaimana dilansir al-Youm al-Sabea.

Dia mengingatkan bahwa agama berlepas tangan dari kelompok-kelompok teroris beserta semua perbuatan mereka, dan al-Azhar berjuang melawan mereka.

Secara lebih detail dia menyebutkan bahwa konferensi internasional pembasmian terorisme itu dijadwalkan berlangsung tanggal 3-4 Desember 2014.

Menurutnya, pertemuan itu mengundang para ulama dan cendikiawan untuk pertemuan yang akan dipimpin oleh Grand Sheikh al-Azhar Dr. Ahmad al-Tayyeb, dan akan diakhiri dengan deklarasi yang akan mengungkap biang utama terorisme dan negara-negara pendukung terorisme.

Dia menambahkan bahwa al-Azhar akan meminta dunia Barat berhenti melekatkan stigma terorisme pada Islam dan menyebut para teroris semata-mata sebagai “teroris” tanpa menyebut mereka sebagai ‘Islamis”, walaupun terorisme banyak terjadi di negara-negara Islam. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL