korban anak kecil di yamanSanaa, LiputanIslam.com – Lembaga Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unicef) Jumat (24/4) mengumumkan sedikitnya 115 anak kecil terbunuh dan 172 lainnya luka-luka di Yaman selama pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan ke Yaman sejak 26 Maret lalu.

Sebagaimana disebutkan dalam situs resmi Unicef, dalam perkiraan kasar terlihat bahwa setidaknya 64 anak terbunuh akibat serangan udara, 26 akibat artileri dan ranjau, 19 akibat tembakan, tiga akibat ledakan granat, dan tiga diakibatkan oleh sebab-sebab yang belum diverifikasi terkait dengan konflik. Sebanyak 71 anak di antaranya terbunuh di bagian utara Yaman, sedangkan 44 sisanya di bagian selatan.

Unicef menyatakan bahwa jumlah korban tewas maupun luka itu diperkirakan masih akan terus bertambah karena proses verefikasi jumlah korban anak kecil masih berlangsung.

Dia mengatakan ada ratusan ribu anak yang mengalami trauma di tengah kondisi yang memang sangat berbahaya.

“Banyak anak terjaga tengah malam akibat suara bom dan tembakan,” kata Wakil UNICEF di Yaman, Julien Harneis.

“Jumlah korban anak menunjukkan dengan jelas bagaimana penghancuran dalam konflik ini terus terjadi bagi anak-anak di negara itu. Tanpa diakhirinya kekerasan ini secepatnya, anak-anak tidak akan dapat menjalani kehidupan secara normal,” lanjutnya.

Unicef juga mengkonfirmasikan bahwa selama periode itu sedikitnya 140 anak telah direkrut oleh kelompok-kelompok bersenjata, sementara 23 rumah sakit menjadi sasaran serangan, dan 30 sekolah diduduki oleh pihak-pihak yang terlibat konflik.

Sebelumnya, Departemen Kesehatan Yaman menyatakan bahwa korban serangan udara Saudi dan sekutunya ke Yaman telah menjatuhkan korban meninggal sedikitnya 951 orang dan korban luka 3,311 orang.

Lembaga ini juga menyatakan bahwa di lapangan sedang terjadi kelangkaan obat-obatan, staf medis dan berbagai fasilitas akibat berlanjutnya blokade terhadap Yaman meskipun serangan udara bersandi “Badai Mematikan” itu sudah dinyatakan berhenti. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL