Jenewa, LiputanIslam.com –  Badan Pengungsi PBB (UNHCR) menyatakan total jumlah warga Suriah yang telah mengungsi ke luar negeri mencapai 5 juta orang setelah lima tahun negara ini dilanda perang.

UNHCR mengatakan bahwa dari total jumlah itu baru setengah yang sudah mendapatkan tempat tinggal. Karena itu, dalam statamennya rilis yang di Jenewa, Swiss, Kamis (30/3/2017), lembaga ini mendesak negara-negara dunia agar meningkatkan upaya memenuhi janji menampung sekira setengah juta pengungsi Suriah.

Jubir UNHCR Babar Baloch menjelaskan bahwa jumlah pengungsi Suriah tahun lalu 4,8 juta, namun badan ini memperkirakan masih ada 6,3 juta orang lain yang terlantar di negaranya sendiri.

Menurutnya, jumlah pengungsi Suriah di Turki meningkat 47,000 sejak Februari lalu sehingga totalnya menjadi 2.97 juta orang dan membuat negara ini menjadi negara paling banyak menerima pengungsi Suriah.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat pernah berjanji akan menerima 64 ribu pengungsi Suriah, dan upaya untuk memenuhi janji ini masih terus dilakukan meskipun sejumlah pihak di Negeri Paman Sam ini menentangnya.

Komisioner Tinggi UNHCR, Filippo Grandi, mengatakan, “Kami masih mempunyai jalan yang panjang untuk memperluas pemukiman serta menyediakan perlengkapan lainnya bagi para pengungsi.” (mm/tasnim/time)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL