Teheran, LiputanIslam.com – Ulama besar yang juga menjabat Kepala Dewan Kebijaksanaan Iran, Ayatullah Sayyid Mahmoud Hashemi-Shahroudi telah wafat pada usia 70 tahun.

Tokoh agama dan politisi terkemuka ini menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Khatam al-Anbiya, Teheran, ibu kota Iran, Senin (24/12/2018), setelah sekian lama menderita sakit ginjal dan usus.

Selama masa hidupnya, Ayutollah Shahroudi telah mengemban banyak posisi penting di negara republik Islam itu.

Dia dilahirkan pada tahun 1948 di kota Najaf, Irak, yang telah mencetak banyak ulama.

Ketika berada di Irak  dia menghadiri kuliah-kuliah agama yang diadakan oleh pendiri Republik Islam Iran, Imam Khomeini.

Dia juga tercatat sebagai pejuang yang gigih melawan rezim diktator Saddam Hussein di Irak sehingga pernah dipenjara dan disiksa oleh pasukan rezim yang terguling akibat invasi militer Amerika Serikat (AS) pada tahun 2003 tersebut.

Ayatullah Shahroudi pindah ke Iran setelah kemenangan Revolusi Islam dan menjadi perantara Imam Khomeini dengan para ulama dan pemimpin Irak.

Pada tahun 2017 dia menjabat ketua Dewan Kebijaksanaan Iran menggantikan Alm. Ayatullah Ali Akbar Hashemi Rafsanjani. Dewan ini bertanggung jawab terutama menengahi antara parlemen Iran dan Dewan Garda Konstitusi, yang dengan sendirinya mengawasi parlemen.

Dia juga menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung Iran selama 10 tahun, anggota dan wakil ketua Dewan Ahli Iran yang memilih dan mengawasi kinerja Pemimpin Besar Revolusi Islam, dan anggota anggota Dewan Garda Konstitusi.

Tokoh terkemuka Iran ini juga telah menghasilkan banyak karya tulis buku dan artikel di berbagai bidang, termasuk fikih dan hukum Islam, dengan konten-konten yang sangat argumentatif dan pendekata yang matang. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*