Karbala, LiputanIslam.com –  Ulama besar Syiah yang paling berpengaruh di Irak Grand Ayatullah Sayyid Ali al-Sistani, Jumat (10/3/2017), menyerukan kepada seluruh warga Irak agar membantu saudara-saudara Sunni mereka yang mengungsi dari kota Mosul, Irak utara.

Seruan ini disampaikan oleh Syeikh Abdul Mahdi al-Karbalai, orang kepercayaan Sayyid al-Sistani, di hadapan ribuan jemaah shalat di komplek makam Imam Husain ra, cucu Rasulullah saw, di kota Karbala.

Disebutkan bahwa Sayyid al-Sistani menyerukan kepada rakyat seluruh penjuru Negeri 1001 Malam ini agar berpartisipasi memberikan bantuan sedapat mungkin kepada para pengungsi Mosul demi meringankan beban penderitaan mereka akibat perang Mosul.

“Seluruh warga negara Irak hendaknya bergotong royong memberi bantuan bahan makanan dan lain-lain untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi dan demi meringankan beban mereka, menyusul kemenangan-kemenangan yang telah dicapai pasukan Irak di semua front,” bunyi seruan itu.

Disebutkan pula bahwa pasukan Irak sudah mendekati kemenangan final di mana ISIS tak akan mendapat tempat lagi di Irak.

Seperti diketahui, sejak 19 Februari lalu pasukan Irak memulai lagi operasi militer besar-besaran untuk menumpas ISIS di bagian barat Mosul setelah pembebasan Mosul timur pada Januari lalu. Hingga kini pasukan Irak terus bergerak maju menggempur ISIS di Mosul barat.

Sumber kepolisian Irak menyatakan sebanyak 30 anggota ISIS ditewas digempur pasukan Irak di Mosul barat Jumat kemarin, dan beberapa kawasan lagi berhasil dibebaskan dari pendudukan ISIS.

Pejabat Kemhan Amerika Serikat menyatakan ISIS mendapat tekanan hebat dan Abu Bakar al-Baghdadi sudah tak ada di Mosul.

Dia menjelaskan bahwa al-Baghdadi semula ada di Mosul sebelum dimulainya serangan, tapi kemudian kabur sebelum kota ini terisolasi dari kota Tal Afar. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL