saudi boneka saljuRiyadh, LiputanIslam.com – Ulama senior Arab Saudi Syeikh Mohammed Saleh al-Munajjid mengeluarkan sebuah fatwa kontroversial yang mengharamkan pembuatan boneka salju. Fatwa ini dikeluarkan di tengah santernya berita dampak musim dingin dan badai salju yang sedang melanda berbagai negara di Timur Tengah, termasuk sebagian wilayah Arab Saudi.

“Tidak diperbolehkan membuat patung dari salju, walaupun sekedar untuk bermain,” tulis al-Munajjid dalam website pribadinya saat menjawab pertanyaan seseorang apakah boleh orang tua mengizinkan anaknya membuat boneka salju, sebagaimana dilaporkan situs berita al-Arabiya.

Dia beralasan bahwa pembuatan boneka salju seperti yang biasa dilakukan oleh masyarakat di berbagai negara dunia adalah sesuatu yang menyerupai manusia atau makhluk lain yang bernyawa, dan ini dilarang dalam beberapa hadis.

“Allah memberikan kepada manusia keleluasaan untuk membuat apapun yang tidak yang tidak bernyawa, seperti pohon, kapal, buah, bangunan dan lain-lain,” lanjutnya.

Fatwa ini membangkitkan tanggapan dan reaksi pro dan kontra dari para pengguna Twitter berbahasa Arab.

“Mereka takut kepada keimanan mereka terhadap segala sesuatu… pikiran yang sakit,” kicau seorang pengguna Twitter.

Seorang pengguna Twitter lainnya memosting foto seorang pria berpakaian adat Arab memegang tangan “pengantin salju” yang menggunakan bra dan lipstik. “Alasan pelarangan ialah kekuatiran akan terjadinya kedurhakaan,” tulis orang tersebut.

Satu lagi orang berkomentar bahwa Arab Saudi diusik oleh dua tipe manusia; “Masyarakat yang mencari fatwa untuk segala sesuatu dalam kehidupan mereka, dan ulama yang ingin mencampuri segala sesuatu dalam kehidupan masyarakat satu sama lain melalui fatwa.”

Meski demikian, tidak semua tanggapan bernada sinis terhadap fatwa kontroversial tersebut.

“Pembuatan patung salju adalah meniru orang-orang kafir, memromosikan nafsu birahi dan erotisme,” tulis pendukung al-Munajjid.

Dia menambahkan, “Semoga Allah melindungi para ulama atas ketajaman pemikiran mereka dan pengenalan mereka terhadap hal-hal yang bahkan tidak terpikirkan oleh syaitan sekalipun.”

Cuaca dingin dan hujan salju belakangan ini melanda Timur Tengah, terutama Suriah, Lebanon dan Jordania. Di Arab Saudi juga turun salju dalam tiga tahun terakhir, namun hanya di dataran tinggi provinsi Tabuk dekat perbatasan negara ini dengan Yordania. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*