الامارات تعلن ان حربها على اليمن انتهتAbuDhabi, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA) Anwar Qarqash menyatakan bahwa pasukan negaranya sudah berhenti berperang di Yaman, dan dengan demikian UEA dewasa ini hanya memantau perkembangan upaya diplomatik untuk penyelesaian krisis Yaman. Demikian dilaporkan al-Alam, Kamis malam (16/6).

Dia menjelaskan bahwa peranan utama negaranya sekarang terbatas hanya pada “penguatan orang-orang Yaman” di sebagian kawasan.

“Krisis Yaman memerlukan perangkat politik, dan kini sudah tak tersisa lagi kecuali keputusan yang tegas,” ujarnya, tanpa menjelaskan bagaimana keputusan yang tegas itu.

Menurut al-Alam, para pengamat menilai UEA sejak awal terlibat dalam perang Yaman berusaha membangun zona pengaruhnya sendiri di Yaman, tapi angan-angan itu ternyata melayang sia-sia akibat peliknya situasi Yaman serta kesediaan kedua pihak Yaman yang bertikai untuk berunding di Kuwait.”

Sumber-sumber Yaman menyatakan bahwa pasukan Arab Saudi mengambil alih istana kepresidenan di Aden, Yaman selatan, – yang menjadi markas pemerintahan presiden Yaman tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi- dari pasukan UEA.

Beberapa sumber mengatakan bahwa di tempat itu telah terjadi pertempuran sengit yang menyebabkan dua tentara Saudi terbunuh. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL