Ankara, LiputanIslam.com – Negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) berharap Turki yang juga merupakan anggota aliansi militer Barat ini  tak jadi membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia demi kepentingan sistem pertahanan mutakhir Barat semisal Patriot. Dalam rangka ini Amerika Serikat (AS) mulai membujuk Turki agar membatalkan kesepakatan historisnya dengan Rusia untuk pembelian S-400.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengakui negara-negara anggota NATO resah terhadap keputusan Ankara membeli S-400 dari Rusia karena menyalahi kebijakan NATO yang mengharuskan kepemilikan senjata dari negara-negara anggota aliansi militer ini sendiri.

Karena itu, menurut Stoltenberg, sudah ada negosiasi dengan Turki supaya negara ini membeli sistem pertahanan udara Patriot buatan AS atau sistem lain buatan negara Eropa agar urung membeli S-400 maupun alusista buatan Rusia lainnya.

Di mata NATO, keinginan Turki memperoleh S-400 merupakan pembelotan dari doktrin NATO dan memungkinkan Turki menyempal dari aliansi militer Barat ini.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertindak demikian justru setelah melihat Barat enggan menjual senjata-senjata canggihnya kepada Turki, apalagi militer Turki sebelumnya juga sudah tertarik pada persenjataan Rusia.

Kesepakatan penjualan S-400 Rusia kepada Turki dikuatirkan NATO menjadi pendahuluan bagi transaksi-transaksi persenjata lain yang mencakup kapal perang dan jet tempur Sukhoi atau MIG.

AS lantas menawarkan Patriot kepada Turki untuk menggantikan S-400, sedangkan Eropa menawarkan Eurosam. Namun, Turki ragu meladeni tawaran AS karena efektivitas rudal Patriot belakangan ini dipertanyakan dalam menangkis rudal-rudal Yaman yang tak tergolong canggih. Laporan militer New York Times bahkan mengakui kegagalan Patriot menangkis rudal Yaman.

S-400 buatan Rusia merupakan sistem pertahanan udara yang dapat merontokkan target pada radius 400 kilometer dengan ketinggian maksimal 30 kilometer. Senjata ini dinilai efektif bahkan untuk menghadapi jet tempur supercanggih F-35 buatan AS. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*