Ankara, LiputanIslam.com –  Turki memberikan isyarat dukungan kepada Qatar yang sedang bersitegang  dengan Arab Saudi, UEA, Mesir, dan Bahrain. Parlemen Turki, Rabu (7/6/2017), akan membahas undang-undang yang memungkinkan negeri itu mengirimkan pasukannya ke Qatar menyusul krisis diplomatik Qatar dengan negara-negara jirannya tersebut.

Sejumlah anggota parlemen Turki mengatakan kepada AFP mereka akan mendiskusikan implementasi kesepakatan pertahanan antaraTurki dan Qatar yang diteken pada 2014.

Salah satu isi kesepakatan itu adalah kemungkinan membuka pangkalan militer Turki di Qatar dan menggelar latihan militer bersama serta kemungkinan pengiriman tentara Turki ke negeri itu.

Anggota parlemen dari Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) yang berkuasa, Taha Orzan mengatakan, kesepakatan itu sudah melalui tahapan pembahasan komite dan kini akan dibahas di parlemen.

Anggota parlemen dari Partai Rakyat Republik (CHP) Sezgin Tanrikulu mengatakan, sebanyak 80 orang prajurit sudah dikirim untuk mempersiapkan lokasi yang akan menjadi pangkalan militerTurki di kawasan Teluk.

Duta besar Turki untuk Qatar Ahmet Demirok tahun lalu mengatakan bahwa pangkalan militer itu akan menampung hingga 3.000 personel atau lebih banyak tergantung kebutuhan.

Turki selama ini memiliki hubungan baik dengan Qatar terutama kerja sama sektor energi. Namun, Turki juga menjaga hubungan dengan negara-negara Teluk lainnya.

Kerja sama lain adalah terkait perang saudara di Suriah yang sudah memasuki tahun keenam. Doha dan Ankara sama-sama mendukung pemberontak yang berniat menggulingkan Presiden Bashar al-Assad. (mm/kompas)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL