Ankara, LiputanIslam.com –  Menteri Kesehatan Turki Recep Akdag menyatakan telah dilakukan pemeriksaan terhadap para korban dugaan serangan bom kimia di distrik Khan Sheikhoun, provinsi Idlib, Suriah, dan hasilnya mengonfirmasikan adanya penggunaan gas sarin dalam serangan ini.

Dia mengatakan bahwa asam methylphosphonic isopropil “telah teridentifikasi dalam darah dan urin yang telah diperiksa pada sampel yang diambil dari korban paparan senjata kimia di Idlib”. Asam ini terbentuk dari hasil reaksi sarin dengan senyawa lain.

Washington dan Ankara menuding pemerintah Suriah bertanggungjawab atas serangan gas beracun yang menewaskan hampir 100 orang termasuk anak-anak, namun Damaskus membantah tudingan ini. Tak hanya menuduh, AS bahkan melancarkan  serangan rudal terhadap pangkalan udara pemerintah Suriah pekan lalu.

Kemlu Suriah menyatakan adanya senjata kimia di tangan kelompok-kelompok teroris justru dijadikan dalih oleh AS, Israel, Saudi, Qatar, Turki, Inggris, dan Perancis untuk menyudutkan pemerintah Suriah.

Menurut Kemlu Suriah, apa yang terjadi di Khan Sheikhun sepenuhnya telah diatur dengan tujuan mencarikan pembenaran bagi serangan AS terhadap tentara Suriah yang sedang berjuang melawan terorisme.

Kepala staf gabungan angkatan bersenjata Rusia Sergey Rudskoy menegaskan tentara Suriah tidak memiliki senjata kimia dan “tidak perlu” menggunakan senjata demikian, apalagi mereka sukses dalam melancarkan serangan terhadap kelompok-kelompok militan.

“Kami telah menganalisa dengan cermat bahan-bahan yang disebutkan oleh media, mengenai tuduhan bahwa pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia di Khan Shekhoun, provinsi Idlib. Ada banyak keraguan mengenai kebenaran informasi ini, dan bukan hanya pada kami saja,” lanjutnya.

Dia kemudian menjelaskan bahwa kawanan bersenjata telah membawa bahan-bahan beracun ke kawasan Khan Seikhoun, bandara al-Jirah, Ghouta Timur, dan barat Aleppo. (mm/reuters/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL