turkish-tanksAnkara, LiputanIslam.com –  Pemerintah Turki menyatakan bahwa militer negara ini telah mengerahkan banyak tank dan kendaraan lapis bajanya serta satu batalion pasukan ke wilayah perbatasannya dengan Irak.

NTV Selasa (1/11/2016) melaporkan bahwa pasukan dan kendaraan tempur itu dikerahkan di kota Silopi, provinsi Sirnak, di tenggara Turki yang berbatasan dengan Irak.

Para pejabat Turki menyebutkan adanya konvoi yang terdiri atas 30 kendaraan pengangkut tank dan peralatan artileri.

Menteri Pertahanan Turki Fikri Isik mengatakan bahwa pengerahan pasukan ini dilakukan menyusul adanya “perkembangan krusial” di kawasan sekitar sehingga Turki perlu bersiaga mengantisipasi segala kemungkinan.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengaku ingin meningkatkan keberadaan pasukan militernya di wilayah perbatasan “sebagai persiapan untuk bereaksi apabila milisi Syiah (relawan al-Hashd al-Shaabi) melakukan aksi-aksi teror di kota Tal Afar, Irak, yang mayoritas penduduknya bersuku Turkmen.”

Selain itu, Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus juga pernah menyatakan bahwa negaranya berusaha keras untuk mencegah keterlibatan al-Hashd al-Shaabi dalam perang pembebasan Mosul dari cengkraman kelompok teroris ISIS.

Ankara bersikeras untuk berpartisipasi dalam operasi pembebasan Mosul, tapi ditolak oleh Baghdad. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL