Ankara, LiputanIslam.com –  Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus menyatakan keberadaan militernya di Qatar tak ada kaitannya dengan krisis hubungan Qatar dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Mesir yang terjadi belakangan ini.

“Tema keberadaan pangkalan militer Turki di Qatar tak ada kaitannya dengan krisis ini. Ini adalah tema tersendiri, dan polemik antara Qatar dan Arab Saudi adalah persoalan lain…  Adanya pangkalan udara Turki di Qatar diperlukan bagi keamanan negara negara ini dan keamanan seluruh kawasan,” tuturnya, Senin (3/7/2017).

Sembari memastikan kelanjutan eksistensi militer Turki di Qatar dia mengatakan, “Mengaitkan keberadaan militer Turki ini dengan krisis politik antara Saudi dan Qatar adalah kesimpulan yang salah. Jika krisis politik negara-negara Arab dengan Qatar semakin mendalam maka semua negara regional akan terkena imbasnya.”

Sebelumnya, senada dengan ini Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Chavusoglu sepekan susudah kunjungan periodiknya ke negara-negara Teluk Persia mengatakan, “Pangkalan militer Turki di Qatar tak ada kaitannya dengan negara-negara lain, dan mereka seharusnya menghormati keputusan ini.”

Dia memastikan aktivitas militer Turki di Qatar adalah untuk kepentingan damai.

“Kegiatan militer dan pengadaan pangkalan militer Turki di Qatar bukan untuk mengganggu keamanan negara manapun, melainkan demi keamanan regional,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa pada tahun 2014 Turki dan Qatar telah meneken perjanjian kerjasama militer, dan pengadaan pangkalan militer Turki di Qatar merupakan bagian dari isi perjanjian ini.

Seperti diketahui, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Mesir telah mengajukan 13 permintaan kepada Qatar antara lain penutupan pangkalan militer Turki di Qatar. Turki menentang permintaan ini  dan menyebutnya campurtangan dalam urusan internal negara lain. Selain itu Turki juga menyatakan dukungannya kepada Qatar. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL