turkish-tanks  Petinggi militer Turki mengaku optimis serangan darat ke Suriah dapat menghentikan perang di negara pimpinan Bashar al-Assad ini, dan karena itu dia juga menegaskan bahwa Turki mendukung serangan darat ke Suriah, tapi dengan catatan negara-negara sekutunya turun berpartisipasi dan terlibat di dalamnya.

Sebagaimana dilansir AFP, petinggi militer Turki yang meminta namanya dirahasiakan itu kepada wartawan mengatakan, “Kami menginginkan operasi darat (di Suriah) bersama negara-negara sekutu internasional kami. Mustahil perang di Suriah dapat diakhiri tanpa operasi darat.”

Namun demikian, dia juga menyebutkan bahwa tak logis apabila Turki menjalankan operasi darat itu sendirian.

“Operasi militer Turki secara sepihak tidak akan pernah terjadi di Suriah,” katanya.

Sabtu pekan lalu Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavousoglu mengatakan ada kemungkinan negaranya akan melancarkan operasi darat di Suriah bersama Arab Saudi “untuk memerangi kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)”. Dia juga mengonfirmasikan pengiriman jet-jet tempur Saudi ke pangkalan udara militer Incirlik milik Turki.

Turki dan Saudi terlibat dalam pasukan koalisi “anti-ISIS” pimpinan Amerika Serikat dan turut melancarkan serangan udara di Suriah dan Irak. Sejak Sabtu pekan lalu, pasukan artileri Turki setiap hari juga telah melancarkan serangan ke berbagai posisi yang dikuasai oleh milisi Kurdi di Suriah. Di mata Turki, milisi ini juga merupakan kelompok teroris. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL