Washington, LiputanIslam.com –  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan bahwa pasukan negara ini harus tetap dipertahankan di Irak agar dapat mengawasi aktivitas Iran. Dia menekankan pentingnya pangkalan militer utama AS di Irak yang menurutnya sangat penting untuk mengawasi gerak-gerik Iran.

“Kami menghabiskan banyak uang untuk membangun pangkalan yang luar biasa ini, dan kami mungkin juga mempertahankannya. Dan saya ingin mempertahankannya karena saya ingin sedikit melihat Iran karena Iran adalah problema yang nyata,” kata Trump kepada dalam wawancara pada acara “’Face the Nation” saluran CBS, Ahad (3/2/2019).

Dia melanjutkan, “Kami berada di banyak, banyak lokasi di Timur Tengah dalam kesulitan besar. Masing-masing mereka disebabkan oleh negara teroris nomor satu di dunia, yaitu Iran.”

Ketika ditanya apakah dia berencana mengerahkan pasukannya di Irak untuk “menyerang” Iran, Trump menjawab: “Tidak … yang ingin saya lakukan hanyalah dapat memantau.”

Trump mengkonfirmasi bahwa personel militer AS yang akan ditarik dari Suriah akan bergabung dengan pasukan AS di Irak.

Betapapun demikian, Trump mengkritik intervensi militer AS di Irak, dan menyebutnya “salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan Amerika Serikat dalam sejarah.”

Presiden Trump juga menyatakan bahwa instalasi militer AS juga berguna untuk memantau perkembangan di Timur Tengah yang lebih luas. (mm/aljazeera/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*