Washington, LiputanIslam.com –  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membuat pernyataan mengenai kesiapan Washington menjalin apa yang disebutnya “perjanjian sesungguhnya” dengan Teheran mengenai program nuklir Iran.

“Kita akan melihat apa yang terjadi, tetapi kita siap untuk membuat kesepakatan yang sesungguhnya, bukan kesepakatan yang dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya, yang merupakan bencana,” katanya dalam berpidato di hadapan Veteran Perang Asing.

Sehari sebelumnya Iran menepis peringatan keras Trump agar Presiden Iran Hassan Rouhani berhati-hati membuat pernyataan bernada ancaman terhadap AS.

Peringatan ini disampaikan Trump di halaman Twitternya dengan cuitan berhuruf besar:

“JANGAN, JANGAN PERNAH MENGANCAM AMERIKA SERIKAT, ATAU ANDA AKAN TERKENA KONSEKUENSI TERBESAR YANG PERNAH ADA DALAM SEJARAH. KAMI BUKAN LAGI NEGARA YANG DIAM SAJA DENGAN KATA-KATA GILA ANDA SOAL KEKERASAN DAN KEMATIAN. BERHATI-HATILAH!”

Cuitan Trump ini sendiri merupakan reaksi atas peringatan Rouhani agar AS “tidak bermain api dengan Iran karena perang dengan Iran akan menjadi induk segala perang.”

Sekretaris pertahanan Trump, Jim Mattis, enggan untuk secara langsung menjawab pertanyaan apakah dia kuatir retorika Trump akan memicu ketegangan dan meningkatkan kemungkinan salah perhitungan. (mm/reuters/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*