Washington, LiputanIslam.com –  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku masih berkeinginan menarik pasukan  AS dari Suriah, tapi dengan catatan ada kepastian bahwa kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (IS/ISIS) sudah kalah.

“Saya ingin keluar, saya ingin membawa pasukan kami pulang ke rumah,” kata Trump kepada wartawan sembari mengklaim bahwa AS sudah “hampir menyelesaikan” tugas mengalahkan ISIS.

Menindak lanjutinya statemennya pekan pekan lalu, kali ini dia menyebutkan penarikan pasukan segera mungkin.

“Kami akan membuat keputusan dengan sangat cepat, berkoordinasi dengan orang lain di daerah itu, seperti apa yang akan kami lakukan,” katanya dalam konferensi pers bersama para pemimpin negara-negara Baltik, Selasa (3/4/2018).

Mengenai keinginan Arab Saudi supaya pasukan AS tetap dipertahankan di Suriah, Trump meminta Saudi membayar AS jika memang menghendaki demikian.

Dalam pidato pekan lalu di Ohio Trump mengatakan bahwa AS kemungkinan akan segera keluar dari Suriah, lalu dia mengatakan bahwa keputusan akhir tentang ini ditangguhkan sampai Selasa kemarin.

Pada konferensi pers tersebut Trump mengeluhkan lagi dana miliaran dolar AS yang telah dihabiskan di Timur Tengah, lalu mengklaim bahwa dana itu lebih baik digunakan untuk proyek-proyek domestik.

“Terkadang saatnya untuk pulang… dan kami memikirkan hal itu dengan sangat serius,” katanya. (mm/usatoday)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*