Washington, LiputanIslam.com –  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan bahwa jurnalis dan kritikus ternama Arab Saudi Jamal Khashoggi yang hilang sejak 2 Oktober lalu setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, “tampaknya sudah mati”, dan Saudi akan menerima konsekuensi yang “sangat berat” jika para pemimpinnya diketahui telah memerintahkan pembunuhan terhadap jurnalis oposan.

Trump membuat pernyataan demikian setelah mendapat penjelasan mengenai investigasi kasus tersebut dari menteri luar negerinya, Mike Pompeo, yang baru pulang dari perjalanan ke Riyadh dan Ankara.

Trump sempat menunjukkan pembelaan atas Riyadh, namun mulai mengambil jarak dari Kerajaan Saudi menyusul dugaan pembunuhan Khashoggi.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, mengumumkan dia tidak akan menghadiri konferensi investasi yang disponsori pemerintah minggu ini di Riyadh.

Trump juga mengakhiri penolakan pemerintahannya untuk mendiskusikan nasib Khashoggi.

Ketika ditanya apakah dia berpikir Khashoggi sudah meninggal, Trump mengatakan kepada wartawan, “Ini jelas terlihat seperti itu bagi saya. Sangat menyedihkan. Jelas terlihat seperti itu. ”

Mengenai tanggapan AS jika penguasa Arab Saudi diketahui bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi, dia mengatakan: “Ya, itu harus sangat berat. Maksud saya, itu buruk, hal buruk. Tetapi kita akan lihat apa yang terjadi. ” (mm/theguardian)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*