Washington, LiputanIslam.com –  Penasehat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) Herbert McMaster menyatakan presiden negara ini, Donald Trump, berusaha menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad sekaligus membasmi ISIS.

Dalam menjelaskan sikap AS dewasa ini terkait dengan krisis Suriah, McMaster dalam jumpa pers, Senin (11/4/2017), menyatakan Trump dan timnya akan berusaha mengubah pemerintahan di Suriah dan menghabisi ISIS melalui tindakan-tindakan yang dilakukan secara bersamaan.

Meski demikian, dia mengatakan bahwa Trump masih mengupayakan solusi politik kendati juga siap melancarkan serangan lagi terhadap tentara Suriah.

“Kita harus melakukan segala yang dapat kita lakukan… Kita memerlukan sebentuk solusi politik bagi krisis yang sangat rumit ini… (Tapi) sulit sekali, bagaimana mungkin solusi politik akan muncul, sementara rezim al-Assad masih eksis, ” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa Trump menghendaki adanya reaksi luas yang mencakup Rusia dan Iran terhadap serangan bom kimia di kota Khan Shekhoun, Suriah.

Sementara itu, seorang pejabat Kemhan AS Pentagon menyatakan pemerintah Suriah telah menambah sistem pertahanan udara di berbagai wilayah barat yang dikuasainya.

Pejabat anonim ini mengatakan kepada CNN bahwa pemerintah Suriah telah meningkatkan sejumlah radar aktifnya dan ini membuat tentara Suriah dapat memantau pergerakan di udara pada zona yang luas. (mm/rt/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL