تفجير الكرادة

Baghdad, LiputanIslam.com – Jumlah korban tewas serangan teror bom mobil di kawasan Karrada, Baghdad dilaporkan meningkat drastis menjadi 200 orang, setelah sebelumnya dilaporkan sekitar 80 orang. Demikian dilaporkan al-Alam, Senin (4/7).

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, sebuah bom mobil meledak dekat sebuah restoran dan pusat perbelanjaan di kawasan Karrada yang sedang ramai pengunjung yang hendak berbelanja di hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan sebagai persiapan menyambut lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah. (Baca: Jelang Lebaran, Bom Dahsyat Guncang Baghdad, 80 Orang Terbunuh)

Aljazeera melaporkan bahwa tragedi ini meningkatkan kemarahan publik di Baghdad terhadap pemerintah yang dinilai gagal melindungi warga sipil.

Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam statemennya yang diedarkan secara online oleh para pendukungnya menyatakan bertanggungjawab atas serangan ini.

Sebagian besar korban adalah kaum perempuran dan anak kecil. CNN melaporkan bahwa serangan ini juga menjatuhkan korban luka sebanyak 147 orang, dan di antara korban meninggal terdapat 25 anak kecil.

Serangan brutal ini merupakan pelampiasan dendam ISIS atas kekalahan dan keterusirannya dari di kota Fallujah, provinsi Anbar, Irak barat pada sepekan sebelum serangan dahsyat tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL