PALESTINIAN-ISRAELI-CONFLICT-GAZA-STADIUMNewyork, LiputanIslam.com – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Ban Ki-moon Senin (10/11)  menyatakan bahwa tim pencari fakta (TPF) telah dibentuk untuk menyelidiki fakta-fakta terkait serangan Israel terhadap Jalur Gaza yang telah menjatuhkan banyak korban jiwa warga Palestina yang tak berdosa dan beberapa staf PBB.

Menurut laporan AFP, Wakil Juru Bicara PBB Farhan Haq mengatakan bahwa tim itu terdiri atas lima anggota yang dipimpin oleh Mayjen Purnawiran Patrik Cammaert dari Belanda yang pernah menjabat sebagai penasehat militer Sekjen PBB.

“Sekjen berharap tim ini dapat bekerjasama penuh dengan semua pihak terkait,” katanya.

Dalam kunjungannya ke Jalur Gaza bulan lalu Ban Ki-moon menyatakan harapannya supaya dilakukan penyelidikan secara tuntas dan menyeluruh terhadap fakta-fakta terkait serangan pasukan Zionis Israel ke Jalur Gaza yang antara lain telah menghancurkan beberapa fasilitas PBB dan menewaskan sejumlah stafnya.

Tim yang sudah dibentuk tersebut juga ditugaskan menyelidiki laporan-laporan terkait penyimpanan senjata pejuang Palestina di beberapa sekolah di Gaza yang dinyatakan sebagai fasilitas PBB.

Seperti diketahui, Israel telah melancarkan srangan udara dan darat ke Jalur Gaza sejak 8 Juli hingga 26 Agustus 2014, mengakibatkan lebih dari 2,000 warga Palestina yang separuhnya adalah kaum perempuan, anak kecil dan lansia, gugur, puluhan ribu lainnya menderita luka-luka, dan ratusan ribu orang mengungsi. Selain itu, lebih dari 100,000 rusak dan sebagian di antaranya hancur total. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL