PBB Carla-Del-PonteMoskow, LiputanIslam.com – Tim Pencari Fakta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam keterangannya mengenai pelanggaran HAM di Suriah menyatakan bahwa di negara ini terdapat 700 kelompok bersenjata yang terdiri atas warga negara asing yang berperang melawan pasukan pemerintah Suriah dan banyak membunuh warga sipil.

“Bencana yang dialami rakyat Suriah terus berkembang akibat adanya orang-orang asing bayaran serta kelompok-kelompok seperti Front al-Nusra dan ISIS,” ujar Carla Del Ponte, anggota tim tersebut, dalam wawancara dengan kantor berita Rusia, Itartas, sebagaimana dikutip FNA, Ahad (22/6/2014).

Dia menambahkan, “Dewasa ini terdapat hampir 700 kelompok bersenjata yang aktif di Suriah tanpa dipimpin oleh organisasi atau kelompok lain. Kelompok-kelompok ekstrim itu mengambil keputusan sendiri dalam membunuhi penduduk, mengepung kota-kota, menjarah harta benda penduduk, dan menyerang pasukan pemerintah.”

TPF PBB mengaku menemukan fakta bahwa jumlah ekstrimis bayaran datang dari berbagai negara ke Suriah terus bertambah. Mereka datang dengan tujuan mendirikan pemerintahan khalifah atau negara Islam.

“Sebagian kelompok ini kerjanya bukan hanya berperang dengan kelompok-kelompok bersenjata lain, tetapi juga sengaja memulai perang di sebagian kecil wilayah Suriah hanya demi menerapkan undang-undangnya di wilayah itu,” tutur Del Ponte.

Dia juga menyebutkan bahwa kejahatan anti kemanusiaan dan kejahatan perang tetap marak di Suriah kendati Dewan Keamanan PBB sudah mengeluarkan beberapa resolusi. Menurutnya, kejahatan itu membuat bantuan kemanusiaan nyaris tidak dapat dikirim sama sekali.

Seperti diketahui, para ekstrimis berdatangan ke Suriah sejak negara ini untuk dilanda pemberontakan pada tahun 2011. Semula pemerintah Suriah sempat terdesak, namun belakangan tentara Suriah yang dibantu milisi Hizbullah dari Lebanon berhasil menumpas para pemberontak dan militan ekstrimis di sebagian besar wilayah Suriah. (mm)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL