tokoh-oposisi-suriah-nawaf-al-bashirDamaskus, LiputanIslam.com –   Salah satu tokoh terkemuka pemberontak Suriah, yaitu pemimpin suku Baggarah, Syeikh Nawaf al-Bashir, akhirnya kembali ke Damaskus. Tiba di ibu kota Suriah ini dia menegaskan sumpah setianya kepada rakyat dan pemimpin Suriah, memuji  Tentara Arab Suriah (SAA), serta menyatakan dirinya sekarang sudah berada di bawah komando Presiden Suriah Bashar Al-Assad, Sabtu (7/1/2017).

Dalam penggalan video amatir yang beredar luas di kalangan netizen Timteng terlihat dia membacakan statemennya yang berbunyi, “Saya kembali ke Suriah dan secara terbuka menyatakan bahwa kami berdiri bersama orang-orang kami, tanah air kami, dan kepemimpinannya melawan terorisme kolot, yang diwakili oleh ISIS, al-Nusra, Ikhwanul Muslimin dan pendukung mereka, dan untuk mengembalikan keamanan negara, keamanan dan integritas teritorial.”

Di bandara Damaskus dia menyatakan bahwa pendirian sebelumnya dia ambil akibat analisis yang salah.

Dalam wawancara dengan al-Alam dia mengatakan bahwa menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad adalah memilih penggantinya yang tak lain adalah gerombolan begundal ISIS dan Jabhat al-Nusra.

Dia juga mengatakan bahwa aksi protes damai di Suriah bisa berubah menjadi gerakan bersenjata dan krisis besar dan berkepanjangan tak lain adalah akibat campurtangan asing.

“Dewasa ini ada 800 kelompok di Suriah, ini tragedi. Masing-masing kelompok ini menduduki 20-30 kota dan desa  dan mengibarkan benderanya masing-masing. Saudi, Qatar dan negara-negara lain menyokong mereka,” katanya.

Suku Baggarah yang dipimpin Nawaf al-Bashir merupakan salah satu suku Arab terbesar di Suriah dan tinggal di wilayah yang membentang luas sehingga bahkan menjalar ke beberapa negara sekitar. Al-Bashir memimpin suku ini melanjutkan kepemimpinan ayahnya yang meninggal dunia pada tahun 1998, dan dia pernah menjadi anggota parlemen Suriah dari tahun 1988 hingga 1992. (mm/syrianews/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL